Tugas 1 PBO A: Kuliah Tamu

“Fit for the future: A sharing of Experience”

Bapak Ahmadsyah Alghozi Nugroho atau yang biasa dipanggil Pak Holly ini merupakan alumni dari Departemen Teknik Informatika ITS Surabaya tahun angkatan 1996.  Beliau pernah bekerja di Oracle Developer Programmer & DBA, Oracle Trainer (Freelance), VICO, IT Consultans di Landmark, dan kini beliau bekerja sebagai Data Architect di Shell Belanda. Pada kuliah tamu kali ini beliau memberikan beberapa kunci untuk menjadi orang yang berhasil dalam mencapai impiannya. Beliau juga memaparkan tentang GTKY (Get To Know Yourself) yang sebaiknya dilakukan oleh setiap mahasiswa.

Apa itu GTKY ? Berikut adalah tahap-tahap mengenal diri sendiri

Get To Know You
Merupakan salah satu cara untuk mengenal orang lain. Tetapi sebelum mengenal orang lain, perlu bagi kita untuk mengenal diri sendiri. Salah satunya mengenal apakah kita termasuk dalam engineer atau scientist. Biasanya para engineer membuat sesuatu untuk belajar. Sedangkan para scientist belajar untuk membuat sesuatu.

Interest
Menemukan interest dari diri sendiri merupakan hal yang sangat penting, dengan interest tersebut kita bisa menumbuhkan semangat untuk mencapai sesuatu itu. Semakin kita tertarik/minat dengan tujuan tersebut, maka secara otomatis kita akan diarahkan maju kedepan untuk menggapainya.

Vision Board
Yaitu dengan menempelkan cita-cita/tujuan kita pada tempat yang sering kita lihat (contohnya cermin). Karena dengan seiringnya waktu berjalan, selalu muncul tujuan-tujuan baru yang sebenarnya tidak penting dan menghalangi tujuan utama kita. Dengan adanya vision board, kita akan selalu teringat dengan cita-cita/tujuan utama kita kedepan.

Menjadi pribadi yang flexible dan tidak terpaku pada masalah sebagai generalist atuapun spicialist juga menjadi tuntutan agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang berubah-ubah.juga selain hal-hal tersebut diperlukan juga Communication skill, Leadership skill, Networking skill serta softskill lainnya yang dapat menunjang diri pribadi agar dapat berhasil setelah lulus.

Tinggalkan komentar